Berita

[berita][bleft]

Modifikasi

[modifikasi][twocolumns]

Penambang Pasir di Kediri Temukan Bangkai Mobil Jaman Penjajahan


Kediri - Lokasi penambangan pasir tradisional di Sungai Brantas, Kelurahan Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri mendadak heboh. Hal ini terjadi lantaran sekelompok penambang menemukan bangkai mobil tua, yang diduga peninggalan masa penjajahan.

Bangkai mobil tua tersebut pertama kali ditemukan oleh Sukarno (50), salah satu penambang saat hendak melakukan kegiatan rutinnya menambang pasir.

"Sebenarnya kemarin saya sudah melihatnya, tapi saya fikir itu rongsokan mesin diesel tambangan pasir. Hari ini, setelah air surut baru saya yakin itu bangkai mobil," kata Sukarno saat ditemui sejumlah wartawan di lokasi, Senin (27/4).

Dia mengajak 6 rekan sesama penambang pasir untuk bersama-sama mengangkatnya. Namun besarnya ukuran mobil, menjadikan proses pengangkatan yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB menemui sejumlah kendala, hingga memakan waktu lebih dari 2 jam.

Para penambang mengaku setelah dapat mengangkat bangkai mobil tersebut, akan segera menjualnya untuk dijadikan pengganti uang kerja yang seharusnya didapatkan dari aktifitas menambang pasir. "Ya gantinya kerja bakti, saya akan segera menjualnya. Lumayan kan, ini juga besi semua," ujar Sukarno.

Pengamatan detiksurabaya.com di lokasi, bangkai mobil tersebut memiliki sejumlah ciri-ciri yang mirip dengan mobil tua peninggalan masa penjajahan. Antara lain ,bagian kemudi yang tidak berbetuk lingkaran, serta bagian velg yang masih menggunakan jeruji sebagai penopangnya.

Baca Juga....



Pada bagian dasboard juga tertera tulisan Austin Seven, lengkap dengan sebuah lambang sayap garuda. Lambang serupa juga tertera di bagian radiator mobil yang berada di bagian depan. Austin Seven berdasarkan penelusuran di internet merupakan salah satu produk dari Austin Motor Company yang berlokasi di Inggris dan diproduksi pada tahun 1920 - 1932.

Zainal Fanani, Dosen Ilmu Sejarah Universitas Nusantara PGRI Kota Kediri juga mengungkapkan dugaan jika bangkai mobil tua yang ditemukan penambang pasir merupakan peninggalan masa penjajahan. Menurutnya, secara fisik bangkai mobil tersebut masuk kategori tua.

"Saya sendiri bukan ahli mobil ya. Tapi secara fisik memang ini seperti peninggalan masa penjajahan yang merupakan kendaraan tentara Belanda," kata Zainal saat ditemui detiksurabaya.com di lokasi penemuan.

Guna memastikan jika penemuan tersebut merupakan peninggalan masa penjajahan, Zainal mengaku akan berusaha membujuk para penambang agar bersedia menyimpannya tersebih dahulu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Ya kalau mereka mau saya akan berusaha menelitinya bersama teman-teman. Tapi memang saya sangat yakin jika ini peninggalan bersejarah," ujar Zainal. (bdh/bdh)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :


Komunitas

[komunitas][list]

Tips And Tricks

[tips and tricks][twocolumns]

Ragam

[ragam][grids]

18++

[18][bsummary]